Cool Blue Outer Glow Pointer

Sabtu, 11 Juni 2016

PTA KELOMPOK 3


BAB I
PENDAHULUAN
A.  Latar belakang
         Henry Fayol seorang industrialis dari perancis,hidup pada tahun 1841-1925,Fayol mengemukakan dan membahas 14(empat belas) kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan teori administrasi.Pelaksana administrasi adalah seorang yang disebut administrator.Ketika organisasi belum maju dan belum terlalu kompleks,seorang administratormelaksanakan fungsi perencanaan,pelaksanaan dan pengawasan dan kordinasi. Selanjutnya menurut James D. Mooney Menurut James D. Mooney; kaidah – kaidah yang diperlukan untuk menetapkan orgainsasi manajemen. Kemudian menurut Luther H.Gullick lahir di Osaka Jepang pada 17 Januari 1892 dan Meninggal 10 Januari 1993. Selain sebagai guru besar ilmu administrasi pada Columbia University, Gulick juga adalah anggota Komite Brownlow untuk Manajemen Administratif yang dibentuk oleh Presiden Franklin Delano Roosevelt. Komite tersebut menaruh perhatian pada restrukturisasi eksekutif.

B.  Rumusan masalah
a.       Apa  yang di kemukakan oleh Hanri Fayol mengenai Teori Administrasi Manajemen?
b.      Kemudian apa saja mengenai Teori Administrasi Manajemen menurut James D. Mooney?
c.       Bagaimana Teori Administrasi Manajemen menurut Luther H. Gullick?

C.  Tujuan penulisan
a. Untuk mengetahui Teori Administrasi Manajemen yang di kemukakan oleh Hanri Fayol
b.Untuk menambah wawasan mengenai Teori Administrasi Manajemen menurut James D. Mooney
c. Untuk mengetahui Teori Administrasi Manajemen menurut Luther H. Gullick


BAB II
PEMBAHASAN
A.  ADMINISTRATIVE MANAGEMENT THEORY MENURUT HENRI FAYOL
a.    Profil Hanri Fayol
            Henry Fayol seorang industrialis dari perancis,hidup pada tahun 1841-1925, Fayol berpengalaman mulai sebagai pekerja teknik, kemudian menjadi pimpinan umum (General Manager) dari suatu perusahaan pertambangan pada tahun 1888.
Fayol mengemukakan dan membahas 14(empat belas) kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan teori administrasi yaitu:
- Pembagian kerja ( division of work)
- Wewenang dan tanggung jawab (authorityand responsibiliy)
- Disiplin (dicipline)
- Kesatuan perintah (unity of command)
- Kesatuan pengarahan (unity of direction)
- Mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi (subordination of individual intereststo general interest)
- Balas jasa (remuneration of personnel)
- Sentralisasi (sentralization)
- Rantai skalar (scalar chain)
- Aturan (order)
- Keadilan (equity)
- Kelanggengan personalia (stability of tenure personnel)
- Inisiatif (initiative)
- Semangat korps (esprit de corps)
Pelaksana administrasi adalah seorang yang disebut administrator.Ketika organisasi belum maju dan belum terlalu kompleks,seorang administrator melaksanakan fungsi perencanaan,pelaksanaan dan pengawasan dan kordinasi.Tugas seorang adminstrator dalam melakukan administrasi mencakup koordinasi dan pengawasan/pengendalian.Pada saat kegiatan administrasi telah maju,maka pelaksanaan administrasi dilaksanakan oleh orang-orang yang bekerja sama dalam melaksanakan tugas untuk mencapai tujuan bersama,dan untuk itulah diperlukan organisasi dan manajemen.
Secara sederhana organisasi adalah suatu kerja sama kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang diinginkan dan mau terlibat dengan peraturan yang ada.Pengertian lain juga menyebutkan bahwa organisasi adalah suatu wadah atau tempat untuk melakukan kegiatan bersama,agar dapat mencapai tujuan yang telah ditetapkan bersama.
Administrasi : Menurut Fayol, Administrasi merupakan bagian kegiatan dalam Badan Usaha. Badan Usaha adalah yang melaksanakan ke arah suatu sasaran atau tujuan (obyektif) dengan usaha mendapatkan keuntungan yang optimum dari semua sumber-sumber yang tersedia. Untuk melaksanakan maksud tersebut diperlukan pekerjaan yang lancar dengan menerapkan ke-6 (enam) fungsi utama, di mana administrasi hanyalah salah satu fungsi kegiatan. Adapun 6 (enam) fungsi/kegiatan itu ialah:
 
1.Kegiatan teknis (Operations techniques), yaitu produksii, fabrikasi, pengolahan.
2.Kegiatan Kommersial (Operations commerciales), yaitu jual beli, tukar me-nukar.
3. Kegiatan Finansial (Operations fenancieres), yaitu mencari dan menggunakan uang/kapital.
4. Kegiatan Keamanan (Operations de securite), yaitu perlindungan harta ke-kayaan dan orang.
5. Kegiatan Akunting (Operations de comptabilite), yaitu inventaris, neraca, nilai harga, statistik.
6. Administrasi (Operations administratives) yaitu perencanaan, pengorganisasian, memimpin,       pengkoordinasian dan pengawasan.
Henry Fayol mendefinisikan adminiwasi dalam 5 unsur (elemen) yaitu:
1. Untuk meramalkan (forecast) dan untuk merencanakan (plnnning/prevoyance). Untuk mengorganisasi (Organizing/Organisation).
2. Un
tuk memimpin (Commanding/Commandement).
3. Untuk mengkoordinasl (Coordinating/Coordination,).
4. Untuk mengawasi (Controlling/Controle). 

b.   Perlunya Pendidikan/latihan Administrasi
Fayol menyarankan latihan administrasi untuk semua tingkat jabatan, dimulai dari tingkat elementer dari jabatan yang terendah hingga meliputi semua pegawai, kecuali jabatan tingkat atas (tinggi), yaitu Pimpinan Executive dan anggota-anggota Dewan Pimpinan yang bertindak sebagaiPengajar.

c. Perlunya Teori Administrasi
Mengapa tidak ada pendidikan administrasi tanya Fayol. Kenyataan bahwa waktu itu belum adanya teori Administrasi, sebab tanpa teori tidak mungkin adanya pengajaran. Sebenarnya tidak sedikit teori-teori dari seseorang yang berpengalaman memimpin suatu bidang-bidang usaha dengan sukses, tetapi usahausaha pengumpulan daripada prinsip-prinsip, peraturan-peraturan, metode-metode, prosedur-prosedur dan sebagainya yang dipergunakan untuk mengecek dari pengalaman-pengalaman umum tersebut belum ada.
Oleh karena itu, Fayol memelopori penulisan buku: General and Industrial Administration (Administrasi Umum dan Industri), yang dimulai dengan proses perumusan teori. "Saya mengharap", ia menambahkan, "dengan metode ini, suatu teori Administrasi akan berasal dari Buku ini." Hal ini dilakukan sebagai suatu dasar atau pedoman yang akan dilakukan untuk pengajaran administrasi, baik di sekolah maupun di tempat pekerjaan.

B.  ADMINISTRATIVE MANAGEMENT THEORY JAMES MOONEY
       James D. Mooney Menurut James D. Mooney; kaidah – kaidah yang diperlukan untuk menetapkan orgainsasi manajemen adalah sebagai berikut:
 - Koordinasi, merupakan kaidah yang menghendaki aadaynya wewenang, saling melayani, perumusan tujuan dan kedisiplinan yang tinggi.
 - Prinsip scalar, yaitu suatu prinsip yang mendefinisikan tentang hubungan kepemimpinan, pendelegasian dan antar fungsi – fungsi tertentu yang dibutuhkan.
 - Prinsip Fungsional, merupakan suatu prinsip yang mendefinisikan berbagai macam tugas yang harus diselesaikan serta dalam usaha mencapai tujuan bersama.
 - Prinsip Staf, merupakan prinsip yang membedakannya sebagai manajer staf dan lini lainnya.

C. ADMINISTRATIVE MANAGEMENT THEORY LUTHER GULLICK
Luther H.Gullick lahir di Osaka Jepang pada 17 Januari 1892 dan Meninggal 10 Januari 1993. Selain sebagai guru besar ilmu administrasi pada Columbia University, Gulick juga adalah anggota Komite Brownlow untuk Manajemen Administratif yang dibentuk oleh Presiden Franklin Delano Roosevelt. Komite tersebut menaruh perhatian pada restrukturisasi eksekutif. Gulik mengakui bahwa pemerintah menghadapi masalah desain organisasi. Pemerintah harus bertanggung untuk melaksanakan banyak tugas yang kompleks, setiap departemen pemerintah menghasilkan barang dan jasa yang berbeda-beda. Berdasarkan alasan tersebut, setiap departemen pemerintah harus diperlakukan sebagai unit yang independen dan otonom di dalam sebuah sistem organisasi yang besar.
Untuk menjelaskan fenomena tersebut Gulik mengemukakan teori tentang koordinasi melalui desain organisasi. Pandangan teoritiknya ditulis dalam kertas kerja yang berjudul Papers on the Science of Administration yang disuntingnya bersama Lyndall Urwick dan diterbitkan tahun 1937 (Shafritz & Ott, 1987:87-97; Tompkins, 2005:108). Gulik memfokuskan analisisnya pada cara di mana koordinasi dapat dicapai melalui prinsip fungsional dan prinsip skalar.
Menurut Gulik, organisasi sebagai suatu cara koordinasi membutuhkan pengembangan suatu sistem otoritas di mana maksud atau tujuan utama dari suatu usaha publik diterjemahkan ke dalam realitas melalui kombinasi usaha dari sejumlah spesialis, masing-masing mengerjakan bidangnya sendiri pada tempat dan waktu yang tertentu. Prinsip fungsional menurut Gulik merupakan bagian dari proses departementalisasi yang mencakup tiga langkah: identifikasi tugas dasar, penunjukan direktur untuk mengawasi apakah tugas telah dilaksanakan, dan menentukan jumlah dan sifat unit-unit kerja untuk keperluan pembagian tugas. Agensi-agensi pemerintah dapat didepartementalisasi berdasarkan tujuan, proses, person, dan tempat. Selanjutnya, prinsip skalar merefleksikan langkah keempat atau setelah departementalisasi. Prinsip skalar tercermin dari bagan organisasi yang menggambarkan rentang kendali setiap manajer dan mengindikasikan siapa melapor ke siapa di dalam hirarki organisasi. Prinsip skalar ini mencerminkan pengembangan serta penyempurnaan struktur otoritas di antara direktur dengan sub-sub divisi (Tompkins, 2005:109-111).

Pemikiran Luther Gullick dan Sebab Kemunculannya
Salah satu dari dua atau tiga karya yang penting dalam administrasi yang terbit pada tahun 1930-an berupa suatu kumpulan karangan dengan judul Papers on the science of administration, dibawah asuhan Luther Gullick dan Lyndall Urwick. Tonggak utama dari era ini tentu saja adalah munculnya artikel L. Gulick (1937) yang berjudul Notes on the Theory of Organization, Professor Gullick mengemukakan suatu istilah singkatan kata POSDCORB (Planning, Organizing, Staffing, Directing, Co-ordinating, Reporting dan Budgeting) sebagai suatu jembatan untuk mengingat-ingat fungsi-sungsi eksecutive di dalam administrasi.
Tidak dapat dipungkiri, upaya para ahli administrasi negara untuk mengembangkan body of knowledge ilmu administrasi negara sangat dipengaruhi oleh ilmu manajemen. Prinsip-prinsip administrasi sebagaimana dijelaskan oleh para ilmuwan tersebut pada dasarnya merupakan prinsip-prinsip administrasi yang diadopsi dari administrasi bisnis yang menurut mereka dapat juga diterapkan di organisasi pemerintah.
Efek yang diharapkan dari pemikiran tersebut adalah untuk mengendalikan para eksekutif dari organisasi dan instirusi untuk mengatasi situasi yang darurat. Pada kenyataanya, pemikiran ini bukanlah ide baru. Kemudian pemikiran tersebut merupakan gambaran dari kinerja suatu pekerjaan. Kemudian muncul pertanyaan, apa kinerja penting atau kinerja utama dari para eksekutif tersebut. Jawabannya adalah POSDCORB.
POSDCORB memberikan fungsi yang lebih variatif untuk elemen-elemen kerja eksekutif di dalam administrasi dan manajemen yang kehilangan konten utama.
Ditinjau dari segi penggerakan bawahan dalam rangka filsafat administrasi dan manajemen, dari rangkaian itu yang terpenting ialah fungsi directing. Directing sebagai konsep adalah lebih lunak dari comanding. Jika dihubungkan dengan masyarakat Amerika dan perkembangan ilmu administrasi yang telah semakin berkembang , dengan mudah dapat dipahami penggunaan istilah yang lebih lunak itu. Gullick menulis karyanya tahun 1930 pada waktu Ilmu Administrasi Negara telah lebih meningkat.
Kontribusi POSDCORB
POSDCORB umumnya cocok menjadi gerakan Manajemen Klasik, yang diklasifikasikan sebagai unsur manajemen ilmiah, yang populer di akhir abad 20 dan awal 19. Gulick dengan prinsip POSDCORB berperan dalam menyoroti teori rentang kendali, atau batasan pada jumlah orang seorang manajer bisa mengawasi, serta kesatuan perintah untuk bidang manajemen dan administrasi publik.
Pemikiran-pemikiran tersebut dapat diklasifikan menjadi model-model pengembangan dalam manajemen publik diantaranya adalah :
1.      Pengembangan Planning dan Reporting menghasilkan POLICY ANALYSIS
2.      Pengembangan Budgeting menghasilkan FINANCIAL MANAGEMENT
3.  Pengaembangan Staffing, Directing dan Organizing menghasilkan HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
4. Pengembangan Reporting, Directing dan Coordinating menghasilkan INFORMATIONAL MANAGEMENT


BAB III
PENUTUP
A.  Kesimpulan
Fayol mengemukakan dan membahas 14(empat belas) kaidah manajemen yang menjadi dasar perkembangan teori administrasi yaitu:
- Pembagian kerja ( division of work)
- Wewenang dan tanggung jawab (authorityand responsibiliy)
- Disiplin (dicipline)
- Kesatuan perintah (unity of command)
- Kesatuan pengarahan (unity of direction)- Mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi (subordination of individual intereststo general interest)
- Balas jasa (remuneration of personnel)
- Sentralisasi (sentralization)
- Rantai skalar (scalar chain)
- Aturan (order)
- Keadilan (equity)
- Kelanggengan personalia (stability of tenure personnel)
- Inisiatif (initiative)
- Semangat korps (esprit de corps)

       James D. Mooney Menurut James D. Mooney; kaidah – kaidah yang diperlukan untuk menetapkan orgainsasi manajemen adalah sebagai berikut:
 - Koordinasi, merupakan kaidah yang menghendaki aadaynya wewenang, saling melayani, perumusan tujuan dan kedisiplinan yang tinggi.
 - Prinsip scalar, yaitu suatu prinsip yang mendefinisikan tentang hubungan kepemimpinan, pendelegasian dan antar fungsi – fungsi tertentu yang dibutuhkan.
 - Prinsip Fungsional, merupakan suatu prinsip yang mendefinisikan berbagai macam tugas yang harus diselesaikan serta dalam usaha mencapai tujuan bersama.
 - Prinsip Staf, merupakan prinsip yang membedakannya sebagai manajer staf dan lini lainnya.

Pemikiran-pemikiran tersebut dapat diklasifikan menjadi model-model pengembangan dalam manajemen publik diantaranya adalah :
1.  Pengembangan Planning dan Reporting menghasilkan POLICY ANALYSIS
2.  Pengembangan Budgeting menghasilkan FINANCIAL MANAGEMENT
3. Pengaembangan Staffing, Directing dan Organizing menghasilkan HUMAN RESOURCE MANAGEMENT
4. Pengembangan Reporting, Directing dan Coordinating menghasilkan INFORMATIONAL MANAGEMENT

B.  Saran
        Sebaiknya tim penulis, dalam menyusun makalah selanjutnya lebih  melengkapi dan menggunakan kata-kata yang lebih efektif untuk hasil  yang lebih baik.Makala ini jauh dari kesempurnaan, olehnya itu keritik dan saran perbaikan yang membangun demi kesempurnaan isi makalah ini dengan tangan terbuka dan hati yang lapang penulis sambut.



DAFTAR PUSTAKA
Copy the BEST Traders and Make Money : http://ow.ly/KNICZ












Tidak ada komentar:

Posting Komentar